breaking news New

Kasus E-KTP, Dolar yang Ditransfer Ponakan Novanto Berasal Dari Mauritius

Foto: Ilustrasi
Bagikan

JAKARTA – Salah satu saksi yang dihadirkan dalam sidang e-KTP di Pengadilan Tipikor, Riswan menyebutkan bahwa uang yang ditransfer keponakan Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, berasal dari Mauritius. Uang yang ditransfer Irvanto itu merupakan dolar yang akan dibarter.

Riswan mengaku, pada awalnya dia tidak tahu bila dolar yang ditransfer Irvanto berasal dari Mauritius. Namun, dia baru ingat ketika diingatkan penyidik KPK dalam proses penyidikan.

“Dengar dulu, ‘seingat saya dari Mauritius’. Itu kan sudah lama sampai dibilang Pak Riswan. Tahu nggak ini dari mana?” tanya hakim pada Riswan dalam sidang terdakwa Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (11/1/2018).

“Kata penyidik ini dari luar negeri. Saya baru ingat,” jawab Riswan.

Riswan mengatakan Irvanto yang memberitahunya bila dolar itu berasal dari Mauritius. Setelah itu, hakim menanyakan tentang Biomorf.

“Pernah dengar Biomorf?” tanya hakim.

“Tidak pernah, saya berani sumpah demi Allah,” jawab Riswan.

Dalam surat dakwaan Novanto, pemberian fee padanya diambil dari bagian pembayaran PT Quadra Solution kepada Johannes Marliem melalui perusahaan Biomorf Mauritius dan PT Biomorf Lone Indonesia.

“Untuk itu Johannes Marliem akan mengirimkan beberapa invoice kepada Anang Sugiana Sudihardjo sebagai dasar untuk pengiriman uang, sehingga seolah-olah pengiriman uang tersebut merupakan pembayaran PT Quadra Solution kepada Biomorf Mauritius atau PT Biomorf Lone Indonesia,” sebut jaksa KPK dalam surat dakwaan itu.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password