breaking news New

4 Anggota Baru Kabinet Jokowi Diminta KPK, Segera Lapor Harta Kekayaan

Foto Kabarnusantara.net
Bagikan

JAKARTA – Presiden Joko Widodo pada hari ini, Rabu (17/1/2018) melantik anggota baru di kabinetnya.  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap kabinet baru di Pemerintah Jokowi memiliki perhatian khusus dalam pemberantasan korupsi.

“Selamat bekerja untuk pejabat baru di Kabinet Kerja yang baru dilantik. KPK tentu berharap pencegahan korupsi tetap menjadi perhatian di masing-masing kementerian dan institusi yang dipimpin,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Untuk diketahui, Presiden Jokowi baru saja melantik Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan, Idrus Marham sebagai Menteri Sosial, Agum Gumelar sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden, dan Marsekal Yuyu Sutisna sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Febri berharap, dengan menduduki jabatan baru tersebut keempatnya melaporkan harta kekayaan mereka kepada KPK. Hal tersebut sesuai dengan UU Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.

“Seluruh penyelenggara negara yang baru menduduki jabatan baru wajib melaporkan kekayaannya melalui LHKPN (laporan harta kekayaan penyelenggara negara),” kata Febri.

Selain bersedia melaporkan harta kekayaan, Febri mengingatkan soal penerimaan gratifikasi oleh penyelenggara negara. Febri mengimbau agar penyelenggara negara tak dengan mudah menerima hadiah yang berkaitan dengan jabatannya.

“Kami ingatkan juga, agar jika ada pemberian yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugas, maka hal pertama yang dilakukan adalah menolak,” ujar Febri.

Namun, menurut Febri, jika gratifikasi tersebut diberikan secara tidak langsung dan tak bisa untuk menolak, maka gratifikasi tersebut wajib dilaporkan ke KPK paling lambat 30 hari kerja.

“Komitmen mencegah korupsi sejak awal menjabat ini sangat penting untuk mendukung berjalannya tugas-tugas pemerintahan secara bersih,” ucap Febri. (KbN)

Editor : Gaat

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password