breaking news New

Media Internasional Soroti Museum di Yogyakarta Karena Pajang Patung Hitler

Bagikan

Washington DC – De Arca Statue Museum yang ada di Yogyakarta memicu kecaman dunia karena memajang patung Adolf Hitler dengan latar belakang kamp konsentrasi Auschwitz dalam pamerannya. Berbagai media-media internasional menyoroti pameran yang dianggap tidak menghormati korban Nazi.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (11/11/2017), para pengunjung museum itu diizinkan untuk berfoto selfie dengan patung lilin Hitler berukuran sesuai aslinya. Yang semakin memicu kemarahan adalah anak-anak sekolah asyik berfoto dengan patung itu bahkan sambil memberikan salam khas Nazi.

Kecaman dunia muncul setelah patung dan latar belakangan berbau Nazi itu diberitakan media-media asing. Media Inggris, express.co.uk, mengulas hal itu dalam artikelnya berjudul ‘SICK’ Indonesian museum lets children pose for photos with ADOLF HITLER’.

“Anak-anak sekarang bisa berpose dengan Hitler dengan latar belakang Auschwitz di sebuah pameran yang ‘sakit’ dan ‘salah’ di sebuah museum Indonesia,” tulis express.co.uk dalam artikelnya itu.

Sedikitnya 1,1 juta warga Yahudi tewas dibunuh oleh Nazi di kamp konsentrasi Auschwitz antara tahun 1940-1945 silam. Express.co.uk juga melansir kecaman dari Rabi Abraham Cooper dari US Simon Wiesenthal Center, organisasi HAM ternama untuk kaum Yahudi.

“Semuanya salah. Sulit mencari kata-kata untuk menggambarkan betapa hina hal itu. Latar belakangnya menjijikkan. Itu sama saja menghina para korban yang masuk ke sana (Auschwits) dan tidak pernah keluar,” kecam Rabi Cooper.

Human Rights Watch juga mengkritik patung dan latar belakang berbau Nazi itu sebagai hal yang ‘memuakkan’. Sementara para sejarawan menyalahkan lemahnya pembelajaran di sekolah-sekolah Indonesia yang memicu kurangnya kesadaran dan kepekaan soal Holocaust.

Media asing lainnya, International Business Times mengulas kecaman internasional itu dengan artikel berjudul ‘Selfie With Hitler: Nazi Display At Indonesia Museum Sparks Outrage’. Sedangkan media Inggris, Daily Mail, membahasnya dalam artikel berjudul ‘Outrage after Indonesian waxwork museum encourages visitors to pose for selfies with HITLER in front of gates of Auschwitz’.

Japan Times membahasnya dalam artikel berjudul ‘Indonesian museum’s ‘fun’ Nazi display brings outrage’. Tak ketinggalan media Rusia, RT atau Russian Times, juga memberitakan hal ini dalam artikelnya berjudul: Pose with Hitler?! Indonesian museum offers happy snaps in front of Auschwitz display for ‘fun’.

Media ternama AS, The Washington Post, mengulasnya dalam artikel berjudul ‘Indonesia selfie museum stirs outrage with Nazi display’.

De Arca Statue Museum merupakan museum yang menampilkan berbagai patung lilin para tokoh dunia juga spot foto dengan visual effects. Patung Hitler merupakan salah satu dari 80 patung pemimpin dan selebriti dunia yang ada di museum itu.

Sumber: detikNews

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password