Ricardo Kaka Resmi Pensiun

Bagikan

Kabarnusantara.Net – Mantan bintang AC Milan, Ricardo Kaka, resmi mengakhiri kariernya sebagai pesepakbola setelah masa kontraknya bersama Orlando City habis pada bulan ini. Keputusan tersebut ia pilih mengingat kondisi fisik yang sudah tidak memungkinkan lagi. Pilihannya untuk pensiun pun bukanlah perkara mudah.

Bagi pria berusia 35 tahun itu, butuh waktu panjang untuk bisa mendapatkan keputusan tepat seperti saat ini.Hal ini sesuai keinginan pria berpaspor Brasil itu yang telah mengungkapkan niat pensiun pada Oktober 2017.

“Kata terakhir saya adalah bahwa siklus karier saya sebagai pemain profesional berakhir di sini. Saya butuh waktu untuk berpikir dan membuat keputusan yang sangat tenang dan sangat sadar akan apa yang ingin saya lakukan dalam kehidupan profesional saya,” ungkap Kaka, mengutip dari Soccerway, Senin (18/12/2017).

Pesepak bola yang dikenal relijius ini pun mengumumkan gantung sepatu di akun instagramnya. Ia mengaku bersyukur dan siap menjalani petualangan barunya.

“Bapa, semua ini jauh dari apa yang pernah saya bayangkan. Terima kasih! Sekarang saya siap menjalani petualangan selanjutnya. Di dalam nama Yesus. Amin,” tulis kaka.

Selepas dari karier sepakbolanya, Kaka memiliki keinginan melakukan pekerjaan lain di balik layar dunia sepakbola. Mantan pemain Real Madrid itu juga telah mengungkapkan niatnya untuk bisa menjadi seorang pelatih bahkan hingga direktur olahraga sebuah tim. Sebelumnya, ia juga sempat mengatakan ingin mengikuti jejak Zinedine Zidane yang sukses menjadi pelatih bersama El Real.

“Saya ingin menjadi bagian dari klub dalam bentuk yang berbeda, entah seorang manajer, direktur olahraga atau seseorang yang beroperasi di antara klub dan klub,” lanjutnya.

Kaka merupakan satu di antara pemain terbaik dunia di era 2000-an. Kariernya makin menanjak ketika memutuskan untuk meninggalkan Sao Paolo untuk berseragam AC Milan pada 2003.Kaka memulai kariernya profesionalnya di Sao Paulo pada 2001.  Ia juga merupakan bagian dari skuad Timns Brasil yang sukses menjuarai Piala Dunia pada 2002 di Jepang dan Korea Selatan.

Setelah tiga musim di Sao Paulo, Kaka akhirnya hijrah ke AC Milan pada 2003. Penampilannya yang gemilang berhasil mengantarkan Milan menjadi juara Liga Italia pada musim pertamanya. Aksinya pun memikat Madrid untuk meminangnya pada 2009. Meski pada 2013 akhirnya ia kembali ke Milan.

Bersama Milan, Kaka sukses meraih lima gelar bergengsi. Termasuk trofi Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub di tahun 2007. Di tahun 2007 pula Kaka sukses meraih Ballon d’Or mengungguli Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Kaka kemudian mengukir namanya sebagai pemain termahal dunia ketika memutuskan untuk gabung ke Real Madrid pada 2009. Namun, performanya meredup di Bernabeu karena lebih banyak berkutat dengan cedera.

Gelandang asal Brasil ini sempat kembali ke Milan, namun akhirnya memutuskan untuk melanjutkan karier bersama Orlando City pada 2014. Ia pun memutuskan untuk menutup kariernya di klub Amerika Serikat tersebut. (Berbagai Sumber)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password