Kondisi Sekolah Dasar Negeri Ara di Kecamatan Satar Mese Memprihatinkan

Tampak depan Sekolah Dasar Negeri Ara di Desa Wewo, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai. (Foto :Itho N)
Bagikan

RUTENG, Kabarnusantara – Kondisi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ara, Desa Wewo, kecamatan Satar Mese, Manggarai, NTT sangat memprihatinkan.

Pantauan kabarnusantara.net (17/11/2107), Sekolah Dasar Negeri yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat setempat tersebut masih berbilik Bambu dan beralaskan tanah. Sebagian besar kursi, meja, dan beberapa alat bantu lainnya yang digunakan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar dalam keadaan tidak layak dipakai.

Kristoforus Suhardi salah satu tenaga pengajar tetap di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ara menyampaikan bahwa kondisi sekolah tersebut sangat memprihatinkan dan beliau berharap agar pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai memperhatikan kondisi sekolahnya.

“Kondisi SDN Ara sangat memprihatinkan, dan berharap agar Pemerintah Kabupaten Manggarai segera memperhatikan kodisi sekolah ini”, Ujar Suhardi.

Suhardi mengakui bahwa sekolah tersebut mendapatkan Dana bos akan tetapi hanya diperuntukan untuk kebutuhan dasar harian sekolah.

“Dana bos ada, namun hanya diperuntukan untuk kebutuhan dasar harian sekolah saja”, Lanjut suhardi

Tampak samping Sekolah Dasar Negeri Ara di Desa Wewo, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai. 

Suhardi juga mengatakan bahwa pada tahun 2016 sekolah tersebut mendapatkankan bantuan satu ruangan kantor yang dialokasikan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan ruang kantor itupun dipakai untuk proses kegiatan belajar mengajar untuk kelas 6.

Sementara itu Yon Boa, DPRD Kabupaten Manggarai asal Dapil Satar Mese menuturkan bahwa dirinya pernah mengusulkan pembangunan sekolah Dasar Negeri Ara ke Instansi terkait di pemerintahan Kabupaten Manggarai, dan realisasinya hanya dibangun satu ruangan.

“Saya pernah mengusulkan pembangunan sekolah Dasar Negeri Ara ke Instansi terkait di pemerintahan Kabupaten Manggarai, dan realisasinya hanya dibangun satu ruangan,” Ujar Yon.

“Kondisi terkini sekolah tersebut memang tidak merepresentasikan kelayakan”, Tutup Anggota DPRD asal Desa Wewo tersebut

Menanggapi Kondisi SDN Ara, Presidium Perhubungan Perguruan Tinggi PMKRI Cabang Ruteng Juito Ndasung mengatakan kondisi sekolah tersebut merupakan bentuk ketidakpedulian pemerintah Kabupaten terhadap pendidikan di Manggarai.

“Bagaimana pendidikan kita bisa maju kalau pembangunan infrastruktur sekolahnya tidak dibangun, dan ini bentuk ketidakpedulian pemerintah Kabupaten terhadap pendidikan di Manggarai”, Ujar Ito.

Ito berharap secepatnya pemerintahan Kabupaten Manggarai melalui Dinas terkait segera memperbaiki kondisi sekolah yang tidak layak pakai tersebut.

“Intinya, Dinas terkait di tingkat Kabupaten segera memperbaiki Sekolah Dasar Negeri Ara”, Tandas Mahasiswa STKIP Ruteng ini.

Sampai saat ini, jumlah siswa di SDN Ara 77 0rang yang dididik oleh 8 orang pengajar dan untuk Sementara Kantor Sekolah masih menggunakan rumah salah satu Guru yang berdekatan dengan Sekolah tersebut. (IN/OWL/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password