breaking news New

Peduli Pendidikan NTT, Kota Komba Jogja Bantu 300 Buku Untuk SDI Pedak

Penyerahan Buku Secara Simbolis Oleh Patrick Modo, Pembina II Divisi Kesenian Paguyban Kota Komba Jogja kepada Kepsek SDI Pedak. (Foto: Ist)
Bagikan

Yogyakarta, Kabarnusantara.net – Paguyuban Kota Komba Yogyakarta sumbang 300 buku pengetahuan umum, mulai dari buku bacaan sastra, eksata hingga buku pengetahuan sosial kepada ratusan siswa dan siswi SDI Pedak, Kcamatan Kota Komba, Manggarai Timur, NTT pada Senin, (18/12/207).

Berlangsung di Ruang Guru SDI Pedak, acara penyerahan 300 buku bacaan oleh Pembina tingkat dua divisi Kesenian Paguyuban Kota Komba Jogja, Patrik Modo tersebut, turut disaksikan oleh kepala Sekolah SDI Pedak, puluhan guru hingga perwakilan siswa-siswi.

Menanggapi bantuan 300 buku dari Paguyuban Kota Komba Jogja ke SDI Pedak, Kepala SDI Pedak, Meni Katarina dalam sambutanya pada acara penyerahan 300 buku itu mengungkapkan rasa terima kasih dan bangganya atas kepekaan generasi Komba Jogja terhadap dunia pendidikan di Manggarai Timur, khususnya di SDI Pedak.

“Saya sangat bangga dan berterimakasih kepada anak-anak muda Kota Komba yang ada di Jogja, karena sudah mau bertindak nyata untuk memenuhi kekurangan akan buku bacaan di SDI Pedak,” ungkap Katarina.

Lebih lanjut, Katarina menuturkan pentingnya bantuan nayata terus menerus kepada sejumlah sekolah-sekolah yang masih banyak kendala di Manggarai Timur.

“Sangat diharapkan bantuan nyata kepada sejumlah sekolah-sekolah di Manggarai Timur yang keberadaanya masih banyak kendala-kendala. Semoga Kota Komba Jogja tetap terus bekerjasama untuk mengatasi kekurangan tersebut,” tutur Katarina.

Lebih jauh, dirinya berharap kepada generasi Kota Komba yang ada di Jogja agar tak lupa lupa pulang membagun Kecamatan Kota Komba.

Selain itu, Patrick Modo, dalam sambutannya mengatakan melalui sumbangan buku ini diharapkan dapat meningkatkan budaya literasi siswa-siswi SDI Pedak.

“Kehadiran 300 buku ini, semoga dapat meningkatkan minat baca, tulis dan diakusi bagi anak-anak, karena dengan membaca dapat membebaskan orang dari kebodohan dan kemiskinan,” ucap pembina tingkat II Divisi Kesenian Paguyuban Kota Komba tersebut.

Hal lain, diungkapkan PLT Ketua Kota Komba Joga, Etlan Muhyadin.

Dirinya menuturkan, menyumbangkan 300 buku bacaan kepada siswa-siswi di SDI Pedak adalah sebuah awalan yang digalakan Paguyuban Kota Komba Jogja dalam membangun dunia pendidikan di NTT khususnya di Kota Komba, Matim.

“Ini hanya sebuah awalan dalam mengkawal pembagunan dunia pendidikan di NTT yang dilakukan Paguyuban Kota Komba Jogja. Akan ada beragam bentuk kepedulian lainya,” ucap Etlan saat dihubungi Kabarnusantara.net.

Ia pun menegaskan akan ada sumbangan buku lanjutan kepada beberapa sekolah di Kabuapaten Matim pada tahun mendatang.

“Diperkirakan tahun depan, buku-buku akan disumbangkan ke 3 sekolah di Kabupaten Matim. Ya, masih di daerah Kota Komba,” tutur Etlan.

Selain itu, Ketua Kota Komba Yogyakarta, Astra Tandang menuturkan bahwa sangatlah penting untuk semua pihak secara serius membagun pendidikan di NTT, khususnya di Kota Komba, Matim.

“Semua pihak harus peka dan secara serius membangun pendidikan di NTT. Pendidikan NTT kemarin telah dinilai sebagai biang bobroknya pendidika Indonesia. Karena itu, mari kita saling bernenah diri dan membangun wajah pendidikan di NTT,” cetus Astra. (Yatis/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password