breaking news New

Perkuat Desa Lewat BUMDes, KOMAP APMD Lakukan Sosialisasi di Desa Girymulyo

KOMAP STPMD "APMD", Yogyakarta Bersama Perangkat Desa Girymulyo Usai Sosialisai BUMDes
Bagikan

Yogyakarta, Kabarnusantara.net – Memperkuat desa melalui pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Korps Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (KOMAP) STPMD “APMD”, Yogyakarta menggelar sosialisasi di Desa Girimulyo, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul pada Jumaat, (5 /01/2018).

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Aula Kantor Desa Girymulyo tersebut, menuai apresiasi dari Kepala Desa Girimulyo, Sunu Raharjo.

Dalam sambutan, Sunu Raharjo mengatakan bahwa sosialisasi BUMDes yang dilakukan KOMAP APMD sangatlah membantu perkembangan BUM-Desa Girimulyo.

“BUM-Desa di Desa Girimulyo memang sudah didirikan sejak tahun 2016 silam dengan unit usahanya adalah usaha simpan pinjam. Namun, usaha simpan pinjam ini belum berani dijalankan karena masih memiliki keraguan dalam pengelolaannya. Sehingga kehadiran mahasiswa dari APMD tentu sangatlah membatu kami dalam hal mengelola atau mengembangkan BUMDes di sini,” ungkap Raharjo.

Kegiatan sosialisasi yang dimoderasi langsung oleh mahasiswa STPMD “APMD”, Fathur Rahman tersebut, juga turut menuai apresiasi dari Pemerintah Kecamatan Panggang. Hal tersebut, tampak dalam sambutan Kasi Pembangunan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Panggang, Sumbiyono S. Sos, MM.

Sumbiyono menuturkan bahwa kepedulian kampus STPMD “APMD” melaui KOMAP terhadap Desa Girimulyo adalah sebuah dukungan besar institusi pendidikan APMD terhadap desa-desa yang ada di Kecamatan Panggang.

“Kehadiran Kampus APMD lewat teman-teman KOMAP adalah suatu dukungan besar bagi pembangunan desa-desa di Kecamatan Panggang, khususnya di Desa Girimulyo ini,” tutur Sumbiyono.

Lebih lanjut, ia berharap kehadiran Kampus APMD di Desa Girimulyo tak hanya berdampak pada peningkatan BUMDes, tetapi desa-desa yang ada di Kecamatan Panggang bisa menjalin kerjasama lebih lanjut dengan Kampus APMD.

“Saya sangat berharap, Kampus APMD tetap bisa menjalin relasi dengan desa-desa di Kecamatan Panggang, terutama untuk pengelolaan BUM-Desa, bisa menjadi lebih mandiri. Sehingga lapangan kerja terbuka banyak dan berdampak pada peningkatan PADes,” harap Sumbiyono.

Selain itu, Dr. Suharyanto, M.M yang merupakan dosen STPMD “APMD” dalam pemaparan materi Pembentukan dan Pengelolaan BUM-Desa mengungkapkan bahwa BUM-Desa merupakan sesuatu hal yang sedang hangat dibicarakan saat ini. Hal tersebut, menurutnya sangat dipengaruhi oleh alokasi Dana Desa (DD) yang begitu besar untuk desa.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa BUM-Desa sangat dibutuhkan kiat-kiat untuk bagaimana mengelolanya demi mendobrak kesejahteraan ekonomi masyarakat sesuai potensi yang dimiliki desa.

“Kita membutuhkan banyak cara untuk mengelol potensi desa. Potensi desa banyak, dana ada tentu BUMDes sangatlah perlu,” papar Suharyanto.

Senada dengan itu, Ketua KOMAP, Victorianus Kebo Kaha menegaskan bahwa pendampingan lembaga pendidikan tinggi terhadap desa dalam mengelola BUM-Desa menjadi suatu yang harus dilakukan.

“BUM-Desa adalah wadah yang bagus untuk meningkatkan prekonomian di desa. Kampus pun harus menjamin kebutuhan akan pengelolaan BUM-Desa di desa,” ungkap Victor dalam sambutanya.

Kegiatan sosialisasi yang digelar KOMAP, dinilainya sebagai bagian dari pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat Desa.

“Kegiatan sosialisasi ini, tentu menjadi sebuah bentuk pengabdian mahasiswa APMD terhadap masyarakat desa. Kegiatan ini pun akan dilaksanakan secara berkelanjutan untuk mewujudkan BUM-Desa Girimulyo yang sukses dan mandiri,” tutup Victor. (AT/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password