Politik Pilkada di Sulsel Itu Seperti Bermain Domino

Bagikan

Makasar – Politik pilkada Sulsel yang dilaksanakan secara serentak di di 11 kabupaten kota di Sulawesi selatan semakin dekat, saking mendekatinya pemilihan kepala daerah ini banyak calon yang merasa was-was terhadap di dukung atau tidak oleh partai politik, yang dimana partai politik untuk saat ini di pilkada 2018 dan 2019 mendatang seakan menjadi raja dari segalanya yang membuat para calon yang akan di usung seperti “menyembah” atau “mengsakralkan” partai politik agar mendapat surat wasiat (Surat rekomendasi) untuk bisa maju.

Salah satunya pemilihan kepala daerah tingkat provinsi atau biasa disebut pemilihan Gubernur (Pilgub) yang akan di gelar bulan Juni 2018 mendatang. Dalam pemilihan Gubernur Sulsel ini rencananya akan melahirkan 4 pasang kontestan yang akan bertarung mendatang, para kontesnan ini adalah Agus Arifin Nu’mang (Wakil Gubernur Sulsel),Nurdin Halid (Ketua Harian DPP Partai Golkar),Nurdin Abdullah (Bupati Bantaeng),dan Ichsan Yasin Limpo(Mantan Bupati Gowa dan Ketua PMI sulsel). Diantara keempat kontestan ini sudah ada yang mendapat usungan partai dan ada yang maju lewat jalur perseorangan (Independet) seperti mantan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo.

Adik kandung dari Gubernur sulawesi selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) memilih maju lewat jalur Independent setalah melakukan rapat internal dengan para relawan dan pendukungnya, IYL sapaan akrab mantan Bupati Gowa 2 periode ini ternyata memilih jalur independent karena ragu dengan surat tugas yang diberikan oleh partai Demokrat. IYL lebih memilih aman dengan maju jalur independent ketimbang memilih jalur partai yang belum jelas arah dukungannya yang dapat membuat dirinya dan pasangan nya bakal batal mau di pilgub mendatang.

Selain IYL, pasangan yang sudah fix maju di pilkada Gubernur Sulsel lainya adalah ketua harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid. Nurdin Halid yang sudah mengantongi beberapa dukungan partai politik ini sudah cukup syarat untuk maju di pilgub sulsel dengan syarat 18 kursi parlemen.NH yang menjabat sebagi ketua harian DPP Partai Golkar ini sempat diisukan akan batal maju di pilkada Gubernur sulsel dan akan menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar dikarenakan ketua umum partai berlambang pohon beringin ini ditetapkan sebagai tersangka untuk kedua kalinya oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) dan sudah memasuki rutan KPK, tetapi NH masih berada di jalur tekadnya untuk maju di pilkada Gubernur sulsel.

Selain dua pasangan yang sudah fix maju di pilgub Sulsel 2018 mendatang, kini masih menyisahkan tanda tanya kepada 2 calon lainya, yakni Agus Arifin Nu’mang dan Nurdin abdullah. Kedua calon kontestan ini ternyata masih melakukan loby partai politik untuk mendapatkan surat wasiat (Surat Rekomendasi) dari beberapa partai besar yang masih simpang siur terhadap dukungannya kepada siapa nanti akan diberikan.

Nurdin Abdullah yang santer dikabarkan telah mendapat rekomendasi dari beberapa partai besar seperti partai Gerindra dan PKS, ternyata masih digoyangkan oleh isu soal Agus AN yang masih melakukan loby partai di tingkat DPP. Agus yang sempat menghebohkan di pemberitaan soal akan mengambil simpatik ketua umum partai berlambang kepala Garuda dan yakin masih bisa mendapat surat wasiat dari Gerindra. Agus AN sempat melakukan kompresi pers terkait majunya di pemilihan kepala daerah lewat jalur partai politik, membuat tim relawan Nurdin Abdullah sedikit was-was dan ditambah soal isu partai Gerindra putar haluan ke kubuh Agus AN.

Terkait soal perbincangan politik pilkada di sulawesi selatan, sejumlah pengamat dan beberapa tim relawan kandidat mengatakan, “pilkada itu semacam bermain domino, jika pemainya ada empat, pasti salah satunya akan berdiri jika tidak cukup memiliki nilai yang telah di tentukan, nah sama halnya jika bermain di dunia politik, apalagi di pemilihan kepala daerah. Kalau tidak cukup kursi partai politik yah harus pilih jalur lain seperti independent, dan independent itu juga punya syarat yang telah ditentukan oleh KPU sendiri.” Ungkap salah satu tim Relawan di warkop beberapa waktu lalu.

Sumber: Cakrawala

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password