Prihatin, Dermaga Aimere Dijadikan Tempat Pembuangan Sampah Para ABK

AIMERE, Kabarnusantara.net – Dermaga Pelabuhan Very Aimere, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur tampak kotor dan tak terurus. Hal itu terlihat dari banyaknya sampah yang berserakkan.

Pantauan Kabarnusantara.net, Jumat 30 Juni 2017, sampah para Anak Buah Kapal (ABK), baik ABK dari kapal Sumba menuju Aimere, maupun Kapal Kupang Aimere tampak berserakkan di Dermaga Aimere.

Sampah ini dibuang para ABK yang hendak membersihkan kapal dari sisa-sisa makanan dan minuman penumpang. Akibatnya, Dermaga Aimere tampak kotor dan bau tak sedap bertebaran menyengat hidung. Tampak lalat berkerumun memenuhi tumpukan sampah makanan yang mulai berbau busuk itu.

Saat menyusuri dermaga itu, tak terlihat satu pun tempat sampah. Ternyata pihak pengelola dermaga tak menyiapkan tempat sampah khusus bagi para ABK yang hendak membuang sampah sisa-sisa makanan dan minuman para penumpang yang berhari-hari di lautan lepas.

Dermaga Aimere pun tampak tidak hanya difungsikan sebagai tempat berlabuhnya kapal penumpang, tetapi juga difungsikan sebagai tempat pembuangan sampah para ABK.

Menurut seorang ibu yang enggan disebutkan namanya, sampah itu sering kali dibiarkan bertumpuk-tumpuk dan dibiarkan selama tiga hingga empat hari berada di tempat itu.

“Kalau tidak ada petugas kebersihan yang datang mengangkut sampah, sering kali sampah-sampah itu dibuang ke laut oleh ABK,” ujar ibu yang bertugas sebagai Pelayan Penumpang di Posko Tunggu Dermaga Aimere itu.

“Selama ini, petugas pengangkut sampah sering kali terlambat mengangkut sampah. Akibatnya sampah itu membusuk hingga mengganggu pernapasan para penumpang kapal yang naik maupun turun dari kapal,” tuturnya kecewa.

Ia pun berharap, pemerintah setempat cepat tanggap terhadap persoalan ini.

Hingga berita ini diturunkan, pemerintah setempat belum dapat dikonfirmasi. (Berto Davids/Kbn)

<

Komentar

Loading Facebook Comments ...

Login

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register